Bunda Wajib Tahu! Inilah 3 Cara Yang Tepat Dalam Menghitung Usia Kehamilan

Tak sedikit para ibu hamil yang mengalami kesulitan dalam menghitung usia kehamilannya. Pada dasarnya, menghitung usia kehamilan dan awal kehamilan mulai dari hari pertama menstruasi tidak banyak para ibu yang mengetahui secara persis saat mereka berovulasi. Ya, kebanyakan dari mereka hanya mengetahui masa akhir dari menstruasinya saja. Menurut perhitungan para dokter, untuk menentukan tanggal jatuh tempo kelahiran bayi itu berlaku selama 280 hari. Menurutnya, jumlah tersebut setara dengan usia kehamilan 40 minggu. Akan tetapi, perhitungan tersebut tidak bisa dijadikan patokan yang tepat dalam menentukan kelahiran. Lantas, apa yang harus kita lakukan dalam menghitung usia kehamilan yang tepat? Nah, berbicara soal kalkulator kehamilan, berikut di bawah ini ada 3 cara yang tepat dalam menghitung usia kehamilan :

1. Menghitung HPHT

Cara tepat yang pertama dalam menghitung usia kehamilan yakni dengan HPHT, dimana bunda harus menghitung kapan tanggal dan hari pertama haid terakhir. Saat memasuki bulan berikutnya dan bunda tidak mengalami haid, maka hal tersebut sudah termasuk dalam hitungan 1 bulan. Dengan menghitung HPTP ini bunda dapat mengetahui siklus haid secara normal.

2. Mengukur Puncak Rahim

Biasanya, dokter kehamilan akan mengukur puncak rahim bunda yang menonjol pada bagian dinding perut. Selanjutnya akan dilakukan pengukuran antara puncak rahim dengan tulang kemaluan. Apabila jarak puncak rahim dan tulang kemaluan mencapai 28 cm, maka usia kehamilan bunda sudak memasuki 28 minggu. Dan perlu bunda ketahui, bahwa tinggi maksimal dari puncak rahim itu hanya mencapai 36 cm saja, yang artinnya usia kehamilan sudah memasuki 36 minggu.

3. Menggunakan Dua Jari Tangan

Metode pengukuran yang satu ini hanya berlaku bagi ibu hamil yang memiliki berat badan ideal saja. Dengan kata lain, ibu hamil yang badannya terlalu gemuk tidak bisa melakukan metode ini. Mengenai cara mengukurnya, letakan dua jari bunda di antara tulang kemaluan dan perut. Apabila jarak antara puncak rahim dan tulang kemaluan masih di bawah pusat, maka setiap bunda menambahkan 2 jari lagi itu artinya usia kehamilan sudah memasuki 2 minggu.

Itulah 3 cara yang tepat dalam menghitung usia kehamilan, yang harus bunda ketahui. Disamping itu, bunda juga jangan sampai lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kehamilan.

Leave a Reply

Required fields are marked*