Syarat Serta Prosedur Yang Harus Diperhatikan Dalam Bertraksaksi Tanah Dan Bangunan

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah kebutuhan akan sandang atau tempat tinggal. Hal inilah yang membuat bisnis properti menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dan bisnis yang mengalami perkembangan sangat tinggi. Hal ini sangat berkaitan dengan tingginya permintaan terhadap perumahan, apartemen maupun gedung sebagai penunjang kehidupan manusia. Namun disisi lain ada dampak yang juga ditimbulkan dari tingginya permintaan tersebut yaitu harga tanah yang semakin tinggi.

Tanah merupakan unsur pokok dalam bisnis properti. Di kota-kota besar harga tanah bahkan  bisa lebih tinggi dari harga rumah atau bangunan yang berdiri di atasnya. Sehingga dalam melakukan proses jual dan beli tanah kita harus benar-benar hati-hati karena salah langkah sedikit saja akan sangat merugikan bagi anda.

Anda tentu tidak akan asing dengan berita tentang kasus penipuan transaksi jual dan beli tanah. Dimana banyak yang teripu status tanah yang ternyata tanah sengketa, status tanah sebagai bagian dari tanah negara bahkan adapula kasus yang berkaitan dengan duplikasi sertifikat asli. Untuk menghindari hal-hal tersebut terjadi pada anda maka anda harus benar-benar waspada.

Proses jual dan beli tanah bukan proses transaksi yang melibatkan dana kecil, karena proses jual dan beli tanah sangat berhubungan dengan transaksi yang melibatkan dana puluhan juta bahkan milyaran rupiah. Sehingga untuk menjaga bahwa proses transaksi jual beli tanah yang anda lakukan adalah transaksi yang sehat anda harus memahami prosedur jual dan beli tanah sesuai dengan petunjuk hukum yang berlaku. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda lakukan jika anda tidak ingin menjadi korban jual dan beli tanah palsu:

  1. Melakukan survei terhadap tanah yang akan kita beli. Proses ini wajib anda lakukan. Anda harus mengetahui tentang lokasi, jenis tanah dan juga status tanah yang akan anda beli. Dengan melakukan proses survei anda akan lebih mengetahui tanah seperti apa dan lingkungan seperti apa yang akan anda beli. Sehingga anda tidak akan terjebak kasus penipuan.
  2. Memeriksa sertifikat dari tanah yang akan kita beli. Bagi anda calon pembeli tanah anda harus memeriksa serifikat tanah yang akan anda beli di kantor Pengadilan Negeri sesuai dengan lokasi tanah yang akan anda beli. Hal ini akan membantu anda untuk mengetahui apakah sertifikat tersebut asli, dan sertifikat tersebut tidak sedang digadaikan. Dan jika penjual tidak bisa menunjukkan sertifikat yang dimiliki oleh tanah yang akan anda beli maka anda patut waspada karena bisa jadi tanah tersebut adalah tanah negara.
  3. Memeriksa pajak bumi dan bangunan. Langkah yang satu ini juga sangat penting untuk anda lakukan sehingga anda mengetahui secara pasti apakah tanah yang akan anda beli telah dibayarkan pajak secara rutin atau tidak, karena jika tidak maka pajak tunggakan akan anda tagung. Hal ini tentu akan sangatmerugikan bagi anda. langkah ini juga sebagai salah satu faktor yang menyakinkan anda bahwa tanah yang akan anda beli adalah tanah yang baik yang artinya bukan termasuk tanah hasil sengketa atau tanah miliki pemerintah.

Melakukan hal-hal dengan teliti dan hati-hati akan membuahkan hasil yang terbaik dan hal ini juga harus anda lakukan saat anda ingin membeli tanah karena jika anda membeli tanah tanpa melakukan sesuai proses prosedural secara hukum dan memahami tanah yang akan anda beli maka resiko anda untuk mengalami kerugian juga sangat besar. Dan hal ini merupakan modalkita.com yang harus dimiliki oleh anda yang melakukan transaksi jual dan beli tanah.

 

Leave a Reply

Required fields are marked*